Thursday, September 28, 2017

Logat Malaysia dan Gatot Kaca di Star Trek Discovery


Serial Star Trek terbaru sudah tayang di CBS, dengan judul seri Star Trek Discovery. Bercerita tentang satu dekade sebelum misi 5 tahun-nya Captain Kirk (serial Star Trek 1960) dan satu abad sebelum Star Trek: Enterprise, dimana kru dari USS Shenzhou menjelajah angkasa.



Ada satu hal yang menarik yakni peran utama-nya adalah Michelle Yeoh sebagai Captain Philippa Georgiou dan Sonequa Martin-Green sebagai First Officer Michael Burnham. Dua-duanya mewakili diversity yang ingin diangkat Star Trek. Yang lebih menarik lagi ialah bahwa Michelle Yeoh, yang adalah kelahiran Malaysia, mempertahankan aksen/ logat Chinese-Malaysian-nya yang kental.


Selain itu, di ruang kerja Captain Georgiou, terdapat pajangan wayang kulit Gatot Kaca. Tidak jelas apakah pajangan tersebut mewakili Indonesia (karena bentuk desainnya similar dengan wayang kulit Indonesia), atau Malaysia (asumsi Georgiou juga merupakan orang Malaysia seperti Michelle Yeoh, mengingat Malaysia pun punya wayang kulit) atau mewakili Asia secara umum.

.

Popular