Thursday, August 10, 2017

Video Iklan Viral Yang Mungkin Kamu Anggap Asli

Wanted | McAvoy vs Chris PPratt

Baru-baru ini ada yang menarik dengan cara berpromosi aktor Marcelino Lefrandt dalam memperkenalkan karya barunya, yakni komik crossover antara Volt dengan Setan Jalanan. Ia membuat semacam video tampak nyata yang diharapkan viral sehingga orang penasaran apa yang terjadi atau orang membagikannya. Berikut dua video yang ia post di Instagram-nya, yang pertama menampilkan petir melesat (Volt) dan yang kedua menampilkan pemotor ugal-ugalan (Setan Jalanan). Komiknya bisa dibaca di Ciayo Comics.


Viral Ads
Cara berpromosi seperti ini memang merupakan cara yang kreatif dan segar. Para sineas atau pencipta produk kreatif perlu memikirkan cara yang tidak membosankan untuk memperkenalkan produknya. Salah satunya dengan viral ads, yakni semacam video reality yang 'menipu' penonton padahal adegan dalam video tersebut fake atau di-skrip.

Mungkin kamu pernah melihat atau menonton video viral ads seperti ini, dan mungkin malah masih menganggapnya real sampai sekarang. Yuk kita lihat beberapa video yang menurut admin masih banyak mengecoh penonton atau netizen sampai saat ini.

Gadis Superhero Teleporter dan Telekinesis.
Seorang gadis bertudung menyelamatkan seorang pengguna jalan dari kecelakaan dengan cara teleporter ala Star Trek. Dalam video lainnya ia kembali beraksi dengan kekuatan telekinesis ala Magneto.




Fakta atau Palsu? Ya, palsu. Video ini dibuat sebagai viral ads untuk game berjudul Zhu Xian 2, yang menampilkan karakter superhero wanita Dragon Totem dengan kekuatan super teleport dan telekinesis.


Karyawan Kantor Ngamuk

Nah ini video yang katanya diambil dari sebuah CCTV di sebuah kantor. Seorang karyawan disana ngamuk dan melemparkan barang-barang kantor.



Ya. Ini juga fake. Dibuat sebagai promo untuk film-nya Angelina Jolie dan McAvoy berjudul Wanted.


Bruce Lee Ping Pong

Bruce Lee terlihat menunjukkan kemampuannya menggunakan double-stick untuk bermain ping pong dan menyalakan korek.



Video diatas adalah versi full-nya, kita tahu bahwa adegan tersebut direkayasa untuk iklan Nokia N9, tapi sebelum versi full ini rilis, terlebih dahulu beredar versi pendekna yang dianggap orang sebagai real, padahal Bruce Lee di video tersebut dimainkan oleh aktor dengan efek visual. Meskipun tentu saja kita tidak meragukan kemampuan Bruce Lee yang asli, kemungkinan dia memang bisa melakukan yang ditampilkan di video tersebut.


Cewek Jagoan
Seorang gadis berhijab masuk ke sebuah elevator/ lift lalu diserang hendak dijambret oleh dua pemuda tak dikenal. Beruntung gadis itu menguasai bela diri yang ciamik sehingga si penjambret tak berdaya. Dalam video lainnya, gadis berhijab hendak diculik dari sebuah taksi.

 

Pasti kamu masih ada yang baru tahu bahwa ini video fake yang dibuat untuk viral ads film Indonesia berjudul 3 (Alif - Lam - Mim). Kamu juga bisa melihat video-video lainnya di channel-nya Dikky Umbara.


Masih banyak lagi video kreatif viral ads, ada yang ingin kamu tambahkan? Tulis di komen ya.
.


Popular